Alur Pelaksanaan Kerja Praktek

Definisi

Kerja praktek (KP) merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa Program Sarjana, Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar yang berupa praktek kerja di lapangan. KP dapat memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengamati, membandingkan, menganalisis serta menerapkan ilmu yang diperoleh dari bangku kuliah dengan kondisi yang sebenarnya dilapangan.

Persyaratan Pengajuan Kerja Praktek

  • 1. Memiliki IPK minimum 2.00
  • 2. Telah menempuh sekurang-kurangnya 120 SKS (termasuk yang deprogram pada semester berjalan).
  • 3. Minimal telah berada di Semester VI.
  • 4. Mengumpulkan Transkrip Nilai yang ditandatangani oleh Pembimbing Akademik (PA) dan Kaprodi.
  • 5. Melunasi pembayaran SPP dan melakukan penginputan KRS.
  • 6. Melunasi pembayaran Kerja Praktek.

Prosedur Pengajuan Kerja Praktek

  • 1. Membentuk kelompok dengan anggota minimal 2 orang dan maksimum 4 orang (atau dengan persetujuan tim KP).
  • 2. Sebelum pengajuan permohonan KP, mahasiswa wajib melakukan survey ke lokasi kegiatan untuk mengetahui data kegiatan dan mengisi formulir KP untuk diajukan kepada Tim KP.
  • 3. Mahasiswa mengajukan permohonan KP ke Kaprodi dengan melampirkan persyaratan akademik yang ditandatangani oleh Pembimbing Akademik (PA) dan persyaratan administrasi lainnya.
  • 4. Setelah dinyatakan layak, akan dibuatkan surat permohonan penempatan mahasiswa kepada instansi/perusahaan untuk melaksanakan KP yang ditandatangani oleh Dekan Fakultas Teknik.
  • 5. Kaprodi menunjuk secara resmi seorang pembimbing KP untuk dibuatkan SK pembimbing dan hanya dapat diperpanjang satu kali selama 6 bulan.
  • 6. Apabila masa perpanjangan SK terlampaui, KP mahasiswa yang bersangkutan dibatalkan dan melakukan pengulangan proses dari awal.
  • 7. Perpanjangan SK KP dapat dilakukan dengan persyaratan: persetujuan Pembimbing KP dan Mahasiswa telah melunasi biaya administrasi perpanjangan SK.
  • 8. Jumlah mahasiswa pada kegiatan (objek KP) yang sama dalam waktu yang bersamaan dibatasi sebanyak-banyaknya 4 orang dengan tinjauan yang berbeda. Mahasiswa lain dapat melaksanakan KP pada kegiatan yang sama setelah mahasiswa sebelumnya melaksanakan KP-nya selama minimal 2 bulan dengan tetap mempertimbangkan waktu yang tersisa untuk kegiatan tersebut dan mendapat persetujuan dari Kaprodi.
  • 9. Selama Mahasiswa melakukan KP tetap berkomunikasi dengan dosen pembiming dan masing-masing membuat laporan terpisah dengan tinjauan yang berbeda sesuai petunjuk Dosen Pembimbing.
  • 10. Setelah selesai KP mahasiswa melengkapi laporan mingguan yang ditandatangani atasan di tempat KP dan melanjutkan penyusunan laporan KP dengan intensif bimbingan dengan Dosen Pembimbingnya hingga mendapat persetujuan untuk diujikan.

Pendaftaran Kerja Praktek

PENGAJUAN PEMBIMBING KERJA PRAKTEK

Formulir pengajuan ini hanya untuk pengajuan Pembimbing setelah Tempat Kerja Praktek mendapat persetuajuan / surat balasan dari perusahaan tempat Kerja Praktek.

Pendaftaran
Ujian kp

Formulir ini diisi oleh mahasiswa yang mengajukan ujian kerja praktek setelah menyelesaikan laporan dan mendapat persetujuan dari pembimbing

unggah
bukti bayar

Silakan mengunggah (uploud) bukti pebayaran berupa slip pembayaran dari admin dan slip bukti transfer bank. Transfer sementara hanya dapat dilakukan melalui teller bank.

*Slip pembayaran akan dikirimkan oleh admin setelah berkas pengajuan dinyatakan valid